UPAYA
MENINGKATKAN KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK DAN PENGEMBANGAN SILABUS ,
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) MELALUI WORKSHOP
Disusun
sebagai laporan akhir kegiatan On The Job
Learning pada pendidikan dan
pelatihan calon kepala sekolah di Dinas Pendidikan
Kota Yogyakarta
Periode: 12 November s/d 14 Februari 2013
Nama :
SURAMANTO, S.Pd.
NIP :
19640504 198601 1 002
Unit Kerja : SMP Negeri 2
Yogyakarta
PILOTING PROGRAM PENYIAPAN CALON KEPALA SEKOLAH
PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA
2013
HALAMAN PENGESAHAN
UPAYA MENINGKATKAN
KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK DAN PENGEMBANGAN SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI WORKSHOP
Disusun Oleh :
SURAMANTO, S.Pd
NIP. 19640504 198601 1 002
SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA
Telah diketahui ,disetujui dan disyahkan
Tanggal: Februari 2013
Menyetujui
Kepala SMP Negeri 2 Yogyakarta
Selaku Pembimbing I
Drs. Emed Heryana
NIP 19551224 197901 1 005
|
Kepala SMP Negeri 5 Yogyakarta
Selaku Pembimbing II
Drs. Martoyo
NIP 19550712
197903 1 005
|
Mengesyahkan
Master Trainer I
Joko Priyadi,
S.Pd.
NIP. 19630720199001
1 002
|
Master Trainer II
Drs. Yuli Cahyono, M.Pd.
NIP 19680715 199403 1 001
|
Kepala BKD
Kota
Yogyakarta
Drs. Maryoto
NIP 19610801 198503 1 010
Kata
Pengantar
Alhamdulillah, puji syukur selalu kami
panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya , sehingga laporan akhir kegiatan On The Job Learning (OJL) pada Pendidikan dan Pelatihan Calon
Kepala Sekolah yang berjudul “Upaya Meningkatkan
Kompetensi Supervisi Akademik danPengembangan Silabus dan RPP melalui workhop” ini dapat
diselesaikan dengan baik.
Dalam penyusunan laporan On The Job Learning (OJL) ini, penulis telah mendapatkan bimbingan,
arahan dan fasilitas dari berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini,
penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.
Bapak Drs Maryoto, selaku
Kepala BKD Kota Yogyakarta yang telah memfasilitasi dalam pelaksanaan diklat
dan OJL calon kepala sekolah.
2.
Bapak Drs. Edi Heri Suasana,
M.Pd, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota yang telah memberikan kesempatan dan
arahan dalam pelaksanaan OJL calon kepala sekolah.
3. Bapak Joko Priyadi, S.Pd dari LPPKS , selaku koordinator kegiatan
OJL yang telah memberikan bimbingan selama pelaksanaan OJL.
4.
Bapak Drs. Yuli Cahyono, M.Pd.
dari LPPKS , yang telah memberikan bimbingan selama pelaksanaan OJL
5.
Bapak Drs. Suyono selaku kepala
bidang diklat BKD Yogyakarta yang telah memfasilitasi dan mengarahkan selama
pelaksanaan OJL.
6.
Bapak Drs. Emed Heryana selaku
kepala SMP Negeri 2 Yogyakarta yang telah memberikan banyak kemudahan,
kesempatan dan dukungan baik moril maupun materiil guna pelaksanaan OJL.
7.
Bapak Drs. Martoyo selaku
kepala SMP Negeri 5 Yogyakarta yang telah memberikan kesempatan dan dukungan
selama OJL berlangsung..
8.
Rekan – rekan guru dan pegawai
SMP Negeri 2, SMP Negeri 5 Yogyakarta yang telah membantu kelancaran
pelaksanaan OJL.
9.
Semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah
ikhlash memberikan bantuan dalam pelaksanaan OJL
Kiranya laporan kegiatan OJL ini
dapat bermanfaat, dan semoga segala bantuan, pengorbanan dan dorongan yang
diberikan oleh berbagai pihak, mendapat pahala dari Allah SWT, Amin.
Penulis,
Daftar
Isi
Halaman
Halaman Judul ....................................................................................................... i
Halaman Pengesahan ............................................................................................. ii
Kata Pengantar ...................................................................................................... iii
Daftar Isi ................................................................................................................ v
Daftar Lampiran..................................................................................................... vii
BAB I. PENDAHULUAN ................................................................................... 1
A.
Latar
Belakang......................................................................................... 1
B.
Tujuan
...................................................................................................... 3
C.
Hasil
yang Diharapkan ............................................................................ 4
BAB II. KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG ........................................ 5
A.
Profil
SMP Negeri 2 Yogyakarta ............................................................ 5
B.
Profil
SMP Negeri 5 yogyakarta ............................................................. 9
C.
Permasalahan
yang di Temukan di Lapangan.......................................... 14
BAB III. RENCANA TINDAK KEPEMIMPINAN .......................................... 15
1. Peningkatan Kompetensi (sesuai AKPK)................................................ 15
a. Persiapan............................................................................................. 21
b. Pelaksanaan ........................................................................................ 23
c. Monev ................................................................................................ 43
d. Refleksi .............................................................................................. 44
e. Hasil ................................................................................................... 45
2. Peningkatan Kompetensi (sesuai EDS)....................................................... 45
a. Pelaksanaan RTK 1............................................................................... 51
1) Persiapan ........................................................................................ 51
2) Pelaksanaan .................................................................................... 52
3) Monev ............................................................................................ 52
4) Refleksi .......................................................................................... 53
5) Hasil ............................................................................................. 54
b.Pelaksanaan RTK 2............................................................................... 57
1) Persiapan ......................................................................................... 57
2) Pelaksanaan ..................................................................................... 58
3) Monev ............................................................................................. 58
4) Refleksi ........................................................................................... 59
5) Hasil …………………………………………………….. ………... 59
B.
Observasi
Pembelajaran Guru Yunior......................................................... 61
1. Pra-Observasi........................................................................................... 62
2. Obsevasi................................................................................................... 63
3. Pasca-Observasi....................................................................................... 67
C.
Perangkat
Pembelajaran.............................................................................. 78
1. Silabus...................................................................................................... 78
2. RPP.......................................................................................................... 87
3. Bahan Ajar............................................................................................... 90
4. Instrumen Penilaian................................................................................. 90
D.
Kajian
Materi Magerial .............................................................................. 91
1. Kajian RKS.............................................................................................. 91
2. Kajian pengelolaan Kurikulum................................................................ 99
3. Kajian Pengelolaan Pendidik dan
Tenaga Kependidikan........................ 103
4. Kajian Pengelolaan Sarana dan
Prasarana Sekolah.................................. 112
5. Kajian Pengelolaan Peserta Didik............................................................ 115
6. Kajian Pengelolaan Keuangan
Pekolah................................................... 119
7. Kajian Pembinaan Tenaga Administrasi
Sekolah.................................... 123
8. Kajian Pemanfaatan TIK dalam
pembelajaran........................................ 127
9. Kajian Sistem Monitoring dan
Evaluasi.................................................. 129
E. Peningkatan Kompetensi Manajerial Pengelolaan Kelas Cerdas
Istimewa di SMP
Negeri 5 Yogyakarta...................................................... 131
BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN ............................................................ 139
A.
Kesimpulan
................................................................................................ 139
B.
Saran
- Saran .............................................................................................. 141
Daftar Lampiran
1.
Matrik
Rencana Tindak Kepemimpinan
2.
Rekomendasi
EDS SMP Negeri 2 Yogyakarta
3.
Rekomendasi
EDS SMP Negeri 2 Yogyakarta
4.
Instrumen
RTK Sesuai AKPK
5.
Instrumen
RTK sesuai EDS
6.
Observasi
Guru Yunior
7.
Instrumen
Kajian
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kepala
sekolah memiliki peran penting dalam upaya membentuk insan Indonesia yang
cerdas dan kompetitif melalui kesungguhan dan kreativitasnya dalam mengelola
sekolah yang menjadi tanggung jawabnya. Sebagai konsekuensinya, kepala
sekolah/madrasah harus merupakan orang-orang yang terpilih dari sisi
kualifikasi maupun kompetensinya sebagaimana yang dimaksud oleh Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007
tentang Standar Kepala Sekolah.
Untuk mencetak kepala sekolah
dengan segala potensi dan kompetensi yang harus dimiliki perlu dipersiapkan
terlebih dahulu, sehingga adanya mekanisme penjaringan dan pembentukan guru
yang akan ditugaskan sebagai kepala sekolah. Kepala sekolah diharuskan memiliki
5 kompetensi yaitu : kepribadian, kewirausahaan, manajerial, sosial dan
supervisi. Kelima kompetensi tersebut tidak akan ada dengan sendirinya, namun
perlu diupayakan melalui tahapan – tahapan seperti yang termaktub dalam permendiknas no.28 tahun 2012 antara lain
seleksi administratif dan akademik serta pendidikan dan pelatihan calon kepala
sekolah.
Pendidikan dan pelatihan calon
kepala sekolah/madrasah merupakan kegiatan pemberian pengalaman pembelajaran
teoretik maupun praktik yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan,
sikap dan keterampilan pada dimensi-dimensi kompetensi kepribadian, manajerial,
kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Pendidikan dan pelatihan calon kepala
sekolah/madrasah dilaksanakan dalam kegiatan tatap muka (In Service Learning) I, On
The Job Learning, dan Inservice
Learning II. Adapun alokasi waktu untuk In Service I dilakukan selama 70 JP, On The Job Learning (OJL) selama 200 JP,
dan dan Inservice Learning II selama
30 JP.
Praktik pengalaman
lapangan atau dikenal dengan nama On The
Job Learning (OJL) dilaksanakan dalam kurun waktu minimal selama 3 (tiga)
bulan dengan materi yang sudah ditentukan. Pada program On The Job Learning ini calon kepala sekolah melakukan praktek
lapangan di 2 (dua) tempat, yang pertama di sekolah sendiri dan yang kedua di
sekolah lain yang dikenal dengan sekolah magang. Alokasi waktu di sekolah
sendiri sebanyak 150 JP dan di sekolah magang sebanyak 50 JP. Di dalam OJL
inilah calon kepala sekolah mencari pengalaman secara langsung dari warga sekolah
atau dari kepala sekolah tentang berbagai materi yang berhubungan dengan
kompetensi atau tugas-tugas sebagai kepala sekolah.
Adapun materi yang dapat diambil
dalam praktik pengalaman lapangan (OJL) baik di sekolah sendiri maupun di
sekolah magang antara lain : observasi terhadap pembelajaran, menyusun
perangkat pembelajaran, penyusunan Rencana Kerja jangka Menengah (RKJM) dan
Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS), pengelolaan kurikulum, pengelolaan
tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan sarana dan prasarana sekolah,
pengelolaan peserta didik, pengelolaan keuangan sekolah, pengelolaan tenaga
administrasi sekolah, pengelolaan/penggunaan TIK dalam pembelajaran, dan
pelaksanaan monitoring dan evaluasi.
Sehubungan
hasil penilaian analisis kebutuhan
pengembangan keprofesian (AKPK) penulis sebagai peserta diklat calon kepala
sekolah menemukan kelemahan pada kompetensi supervise, sedangkan
hasil evaluasi diri sekolah (EDS) pencapaian 8 (delapan) standar nasional pendidikan sekolah
kami standar proses pencapaiannya paling rendah. maka penulis akan mengangkat tema tulisan yang
terkait dengan kompetensi supervise akademik dan
pengembangan silabus dan RPP.
Berdasarkan latar belakang yang
telah diuraikan di atas, maka penulis mengangkat tema tulisan dengan judul “Upaya
Meningkatkan Kompetensi Supervisi Akademik dan Pengembangan Silabus dan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Workshop”
B.
Tujuan
Dalam program on the job learning ini penulis
mengambil tema “Supervisi Akademik dan Pengembangan Silabus dan RPP” dengan
tujuan :
1. Memperoleh
berbagai pengalaman cara-cara
kepala sekolah menyelenggarakan pendidikan secara umum yang berhasil, benar,
efektif dan efisien.
2. Menumbuhkembangkan lima dimensi
kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi
dan sosial.
3.
Meningkatkan kompetensi
supervisi akademik calon
kepala sekolah meliputi: konsep
supervisi akademik, membuat rencana program supervisi akademik,
menerapkan teknik-teknik supervisi
akademik, dan melaksanakan tindak
lanjut supervisi akademik.
4.
Memberikan kesempatan
kepada calon kepala
sekolah untuk pengalaman dan
pembelajaran melalui praktik supervisi akademik
dengan paradigma, pendekatan
dan teknik-teknik yang telah diperoleh selama kegiatan diklat
In Service Learning
5.
Membantu guru mengembangkan kemampuan
profesionalnya dalam memahami kegiatan
akademik, kehidupan kelas,
mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya.
6.
Mengadakan Workshop untuk membantu guru dalam meningkatkan
kemampuan mengembangkan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
C.
Hasil yang Diharapkan
Hasil yang penulis
harapkan dari mengikuti program on the jop learning dengan kegiatan
supervisi akademik dan pengembangan
silabus dan RPP bagi calon kepala sekolah adalah :
1. Mampu menggali informasi dan pengalaman
dari kepala sekolah sendiri dan kepala sekolah lain dalam menyusun rencana
supervisi, melaksanakan supervisi, dan dalam memberikan tindak lanjut dari
kegiatan supervisi.
2. Mampu merencanakan program
supervisi akademik dalam
rangka peningkatan profesionalisme guru
3. Mampu melaksanakan supervisi
akademik terhadap guru dengan pendekatan
dan teknik supervisi yang tepat
4. Mampu melakukan tindak lanjut hasil
supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
5. Kemampuan
guru-guru SMP Negeri 2 Yogyakarta dalam mengembangkan silabus dan RPP meningkat.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kepala
sekolah memiliki peran penting dalam upaya membentuk insan Indonesia yang
cerdas dan kompetitif melalui kesungguhan dan kreativitasnya dalam mengelola
sekolah yang menjadi tanggung jawabnya. Sebagai konsekuensinya, kepala
sekolah/madrasah harus merupakan orang-orang yang terpilih dari sisi
kualifikasi maupun kompetensinya sebagaimana yang dimaksud oleh Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007
tentang Standar Kepala Sekolah.
Untuk mencetak kepala sekolah
dengan segala potensi dan kompetensi yang harus dimiliki perlu dipersiapkan
terlebih dahulu, sehingga adanya mekanisme penjaringan dan pembentukan guru
yang akan ditugaskan sebagai kepala sekolah. Kepala sekolah diharuskan memiliki
5 kompetensi yaitu : kepribadian, kewirausahaan, manajerial, sosial dan
supervisi. Kelima kompetensi tersebut tidak akan ada dengan sendirinya, namun
perlu diupayakan melalui tahapan – tahapan seperti yang termaktub dalam permendiknas no.28 tahun 2012 antara lain
seleksi administratif dan akademik serta pendidikan dan pelatihan calon kepala
sekolah.
Pendidikan dan pelatihan calon
kepala sekolah/madrasah merupakan kegiatan pemberian pengalaman pembelajaran
teoretik maupun praktik yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan,
sikap dan keterampilan pada dimensi-dimensi kompetensi kepribadian, manajerial,
kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Pendidikan dan pelatihan calon kepala
sekolah/madrasah dilaksanakan dalam kegiatan tatap muka (In Service Learning) I, On
The Job Learning, dan Inservice
Learning II. Adapun alokasi waktu untuk In Service I dilakukan selama 70 JP, On The Job Learning (OJL) selama 200 JP,
dan dan Inservice Learning II selama
30 JP.
Praktik pengalaman
lapangan atau dikenal dengan nama On The
Job Learning (OJL) dilaksanakan dalam kurun waktu minimal selama 3 (tiga)
bulan dengan materi yang sudah ditentukan. Pada program On The Job Learning ini calon kepala sekolah melakukan praktek
lapangan di 2 (dua) tempat, yang pertama di sekolah sendiri dan yang kedua di
sekolah lain yang dikenal dengan sekolah magang. Alokasi waktu di sekolah
sendiri sebanyak 150 JP dan di sekolah magang sebanyak 50 JP. Di dalam OJL
inilah calon kepala sekolah mencari pengalaman secara langsung dari warga sekolah
atau dari kepala sekolah tentang berbagai materi yang berhubungan dengan
kompetensi atau tugas-tugas sebagai kepala sekolah.
Adapun materi yang dapat diambil
dalam praktik pengalaman lapangan (OJL) baik di sekolah sendiri maupun di
sekolah magang antara lain : observasi terhadap pembelajaran, menyusun
perangkat pembelajaran, penyusunan Rencana Kerja jangka Menengah (RKJM) dan
Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS), pengelolaan kurikulum, pengelolaan
tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan sarana dan prasarana sekolah,
pengelolaan peserta didik, pengelolaan keuangan sekolah, pengelolaan tenaga
administrasi sekolah, pengelolaan/penggunaan TIK dalam pembelajaran, dan
pelaksanaan monitoring dan evaluasi.
Sehubungan
hasil penilaian analisis kebutuhan
pengembangan keprofesian (AKPK) penulis sebagai peserta diklat calon kepala
sekolah menemukan kelemahan pada kompetensi supervise, sedangkan
hasil evaluasi diri sekolah (EDS) pencapaian 8 (delapan) standar nasional pendidikan sekolah
kami standar proses pencapaiannya paling rendah. maka penulis akan mengangkat tema tulisan yang
terkait dengan kompetensi supervise akademik dan
pengembangan silabus dan RPP.
Berdasarkan latar belakang yang
telah diuraikan di atas, maka penulis mengangkat tema tulisan dengan judul “Upaya
Meningkatkan Kompetensi Supervisi Akademik dan Pengembangan Silabus dan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Workshop”
B.
Tujuan
Dalam program on the job learning ini penulis
mengambil tema “Supervisi Akademik dan Pengembangan Silabus dan RPP” dengan
tujuan :
1. Memperoleh
berbagai pengalaman cara-cara
kepala sekolah menyelenggarakan pendidikan secara umum yang berhasil, benar,
efektif dan efisien.
2. Menumbuhkembangkan lima dimensi
kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi
dan sosial.
3.
Meningkatkan kompetensi
supervisi akademik calon
kepala sekolah meliputi: konsep
supervisi akademik, membuat rencana program supervisi akademik,
menerapkan teknik-teknik supervisi
akademik, dan melaksanakan tindak
lanjut supervisi akademik.
4.
Memberikan kesempatan
kepada calon kepala
sekolah untuk pengalaman dan
pembelajaran melalui praktik supervisi akademik
dengan paradigma, pendekatan
dan teknik-teknik yang telah diperoleh selama kegiatan diklat
In Service Learning
5.
Membantu guru mengembangkan kemampuan
profesionalnya dalam memahami kegiatan
akademik, kehidupan kelas,
mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya.
6.
Mengadakan Workshop untuk membantu guru dalam meningkatkan
kemampuan mengembangkan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
C.
Hasil yang Diharapkan
Hasil yang penulis
harapkan dari mengikuti program on the jop learning dengan kegiatan
supervisi akademik dan pengembangan
silabus dan RPP bagi calon kepala sekolah adalah :
1. Mampu menggali informasi dan pengalaman
dari kepala sekolah sendiri dan kepala sekolah lain dalam menyusun rencana
supervisi, melaksanakan supervisi, dan dalam memberikan tindak lanjut dari
kegiatan supervisi.
2. Mampu merencanakan program
supervisi akademik dalam
rangka peningkatan profesionalisme guru
3. Mampu melaksanakan supervisi
akademik terhadap guru dengan pendekatan
dan teknik supervisi yang tepat
4. Mampu melakukan tindak lanjut hasil
supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
5. Kemampuan
guru-guru SMP Negeri 2 Yogyakarta dalam mengembangkan silabus dan RPP meningkat.
TERIMA KASIH INFONYA
BalasHapusTerimaksih sudah berbagi, smga mendapatkan amal ibadah dr allah swt,
BalasHapusThe King Casino Review - SEGPORTS.COM
BalasHapusThe King Casino review was written by Chief Executive Officer John Cook as follows: · 토토 Established in 2017, https://septcasino.com/review/merit-casino/ The King https://febcasino.com/review/merit-casino/ Casino was gri-go.com one of the first online septcasino casinos available to US