Sabtu, 29 Juni 2013

LAPORAN OJL CAKEP 2012/2013 BAB I



UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK DAN PENGEMBANGAN SILABUS ,
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) MELALUI WORKSHOP





Disusun sebagai laporan akhir kegiatan On The Job Learning  pada pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah di Dinas Pendidikan
Kota Yogyakarta

Periode: 12 November s/d 14 Februari 2013





Nama                   : SURAMANTO, S.Pd.
NIP             : 19640504 198601 1 002
Unit Kerja  : SMP Negeri 2 Yogyakarta


PILOTING PROGRAM PENYIAPAN CALON KEPALA SEKOLAH
PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA
2013


HALAMAN PENGESAHAN

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK DAN PENGEMBANGAN SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN
 PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI WORKSHOP

Disusun Oleh :
SURAMANTO, S.Pd
NIP. 19640504 198601 1 002
SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA

Telah diketahui ,disetujui dan disyahkan

Tanggal:    Februari  2013



                                                                Menyetujui   

Kepala SMP Negeri 2 Yogyakarta
Selaku Pembimbing I



Drs. Emed Heryana
NIP 19551224 197901 1 005

Kepala SMP Negeri 5 Yogyakarta
Selaku Pembimbing II



Drs. Martoyo
        NIP 19550712 197903 1 005



Mengesyahkan

Master Trainer I



Joko Priyadi, S.Pd.
NIP. 19630720199001 1 002

Master Trainer II



Drs. Yuli Cahyono, M.Pd.
NIP 19680715 199403 1 001

Kepala BKD
Kota Yogyakarta



Drs. Maryoto
NIP 19610801 198503 1 010



Kata Pengantar

Alhamdulillah, puji syukur selalu kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya , sehingga laporan akhir kegiatan On The Job Learning (OJL) pada Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah yang berjudul “Upaya Meningkatkan Kompetensi Supervisi Akademik danPengembangan Silabus dan  RPP melalui workhop” ini dapat diselesaikan dengan baik.
Dalam penyusunan laporan On The Job Learning (OJL) ini, penulis telah mendapatkan bimbingan, arahan dan fasilitas dari berbagai pihak, untuk itu pada kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.      Bapak Drs Maryoto, selaku Kepala BKD Kota Yogyakarta yang telah memfasilitasi dalam pelaksanaan diklat dan OJL calon kepala sekolah.
2.      Bapak Drs. Edi Heri Suasana, M.Pd, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota yang telah memberikan kesempatan dan arahan dalam pelaksanaan OJL calon kepala sekolah.
3.      Bapak Joko Priyadi, S.Pd dari LPPKS , selaku koordinator kegiatan OJL yang telah memberikan bimbingan selama pelaksanaan OJL.
4.      Bapak Drs. Yuli Cahyono, M.Pd. dari LPPKS , yang telah memberikan bimbingan selama pelaksanaan OJL
5.      Bapak Drs. Suyono selaku kepala bidang diklat BKD Yogyakarta yang telah memfasilitasi dan mengarahkan selama pelaksanaan OJL.
6.      Bapak Drs. Emed Heryana selaku kepala SMP Negeri 2 Yogyakarta yang telah memberikan banyak kemudahan, kesempatan dan dukungan baik moril maupun materiil guna pelaksanaan OJL.
7.      Bapak Drs. Martoyo selaku kepala SMP Negeri 5 Yogyakarta yang telah memberikan kesempatan dan dukungan selama OJL berlangsung..
8.      Rekan – rekan guru dan pegawai SMP Negeri 2, SMP Negeri 5 Yogyakarta yang telah membantu kelancaran pelaksanaan OJL.
9.      Semua pihak yang tidak  dapat kami sebutkan satu persatu yang telah ikhlash memberikan bantuan dalam pelaksanaan OJL

Kiranya laporan kegiatan OJL ini dapat bermanfaat, dan semoga segala bantuan, pengorbanan dan dorongan yang diberikan oleh berbagai pihak, mendapat pahala dari Allah SWT, Amin.

                                                                                             Penulis,



Daftar Isi

                                                                                                                           Halaman
Halaman Judul .......................................................................................................        i  
Halaman Pengesahan .............................................................................................       ii  
Kata Pengantar ......................................................................................................      iii
Daftar Isi ................................................................................................................       v
Daftar Lampiran.....................................................................................................     vii
BAB I. PENDAHULUAN ...................................................................................       1
A.    Latar Belakang.........................................................................................       1
B.     Tujuan ......................................................................................................       3
C.     Hasil yang Diharapkan ............................................................................       4
BAB II. KONDISI NYATA SEKOLAH MAGANG ........................................       5
A.     Profil SMP Negeri 2 Yogyakarta ............................................................       5
B.      Profil SMP Negeri 5 yogyakarta .............................................................       9
C.     Permasalahan yang di Temukan di Lapangan..........................................     14
BAB III. RENCANA TINDAK KEPEMIMPINAN ..........................................     15
1.      Peningkatan Kompetensi (sesuai AKPK)................................................     15
a.    Persiapan.............................................................................................     21
b.   Pelaksanaan ........................................................................................     23
c.    Monev ................................................................................................     43
d.   Refleksi ..............................................................................................     44
e.    Hasil ...................................................................................................     45
2.      Peningkatan Kompetensi (sesuai EDS)....................................................... 45
a. Pelaksanaan RTK 1...............................................................................     51
1)      Persiapan ........................................................................................     51
2)      Pelaksanaan ....................................................................................     52
3)      Monev ............................................................................................     52
4)      Refleksi ..........................................................................................     53
5)      Hasil   .............................................................................................     54
b.Pelaksanaan RTK 2...............................................................................     57
1)   Persiapan .........................................................................................     57
2)   Pelaksanaan .....................................................................................     58
3)   Monev .............................................................................................     58
4)   Refleksi ...........................................................................................     59
5)   Hasil   …………………………………………………….. ………... 59
B.    Observasi Pembelajaran Guru Yunior.........................................................     61
1.      Pra-Observasi...........................................................................................     62
2.      Obsevasi...................................................................................................     63
3.      Pasca-Observasi.......................................................................................     67
C.   Perangkat Pembelajaran..............................................................................     78
1.      Silabus......................................................................................................     78
2.      RPP..........................................................................................................     87
3.      Bahan Ajar...............................................................................................     90
4.      Instrumen Penilaian.................................................................................     90
D.   Kajian Materi Magerial ..............................................................................     91
1.      Kajian RKS..............................................................................................     91
2.      Kajian pengelolaan Kurikulum................................................................     99
3.      Kajian Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan........................   103
4.      Kajian Pengelolaan Sarana dan Prasarana Sekolah..................................   112
5.      Kajian Pengelolaan Peserta Didik............................................................   115
6.      Kajian Pengelolaan Keuangan Pekolah...................................................   119
7.      Kajian Pembinaan Tenaga Administrasi Sekolah....................................   123
8.      Kajian Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran........................................   127
9.      Kajian Sistem Monitoring dan Evaluasi..................................................   129
E.    Peningkatan Kompetensi Manajerial Pengelolaan Kelas Cerdas
            Istimewa di SMP Negeri 5 Yogyakarta......................................................   131


BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN ............................................................   139
A. Kesimpulan ................................................................................................   139
B. Saran - Saran ..............................................................................................   141
                                                                                                                                        




Daftar Lampiran
                                                                                                                                        
            1.      Matrik Rencana Tindak Kepemimpinan
            2.      Rekomendasi EDS SMP Negeri 2 Yogyakarta
            3.      Rekomendasi EDS SMP Negeri 2 Yogyakarta
            4.      Instrumen RTK Sesuai AKPK
            5.      Instrumen RTK sesuai EDS
            6.      Observasi Guru Yunior
            7.      Instrumen Kajian


                            BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
               Kepala sekolah memiliki peran penting dalam upaya membentuk insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif melalui kesungguhan dan kreativitasnya dalam mengelola sekolah yang menjadi tanggung jawabnya. Sebagai konsekuensinya, kepala sekolah/madrasah harus merupakan orang-orang yang terpilih dari sisi kualifikasi maupun kompetensinya sebagaimana yang dimaksud oleh Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang  Standar Kepala Sekolah.
              Untuk mencetak kepala sekolah dengan segala potensi dan kompetensi yang harus dimiliki perlu dipersiapkan terlebih dahulu, sehingga adanya mekanisme penjaringan dan pembentukan guru yang akan ditugaskan sebagai kepala sekolah. Kepala sekolah diharuskan memiliki 5 kompetensi yaitu : kepribadian, kewirausahaan, manajerial, sosial dan supervisi. Kelima kompetensi tersebut tidak akan ada dengan sendirinya, namun perlu diupayakan melalui tahapan – tahapan seperti yang termaktub dalam permendiknas no.28 tahun 2012 antara lain seleksi administratif dan akademik serta pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah.
         Pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah/madrasah merupakan kegiatan pemberian pengalaman pembelajaran teoretik maupun praktik yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan pada dimensi-dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah/madrasah dilaksanakan dalam kegiatan tatap muka (In Service Learning) I, On The Job Learning, dan Inservice Learning II. Adapun alokasi waktu untuk In  Service I dilakukan selama 70 JP, On The Job Learning (OJL) selama 200 JP, dan dan Inservice Learning II selama 30 JP.
Praktik pengalaman lapangan atau dikenal dengan nama On The Job Learning (OJL) dilaksanakan dalam kurun waktu minimal selama 3 (tiga) bulan dengan materi yang sudah ditentukan. Pada program On The Job Learning ini calon kepala sekolah melakukan praktek lapangan di 2 (dua) tempat, yang pertama di sekolah sendiri dan yang kedua di sekolah lain yang dikenal dengan sekolah magang. Alokasi waktu di sekolah sendiri sebanyak 150 JP dan di sekolah magang sebanyak 50 JP. Di dalam OJL inilah calon kepala sekolah mencari pengalaman secara langsung dari warga sekolah atau dari kepala sekolah tentang berbagai materi yang berhubungan dengan kompetensi atau tugas-tugas sebagai kepala sekolah.
Adapun materi yang dapat diambil dalam praktik pengalaman lapangan (OJL) baik di sekolah sendiri maupun di sekolah magang antara lain : observasi terhadap pembelajaran, menyusun perangkat pembelajaran, penyusunan Rencana Kerja jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS), pengelolaan kurikulum, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan sarana dan prasarana sekolah, pengelolaan peserta didik, pengelolaan keuangan sekolah, pengelolaan tenaga administrasi sekolah, pengelolaan/penggunaan TIK dalam pembelajaran, dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi.
      Sehubungan hasil penilaian analisis kebutuhan pengembangan keprofesian (AKPK) penulis sebagai peserta diklat calon kepala sekolah menemukan kelemahan   pada kompetensi  supervise, sedangkan hasil evaluasi diri sekolah (EDS) pencapaian 8 (delapan) standar nasional pendidikan sekolah kami standar proses pencapaiannya paling rendah. maka penulis akan mengangkat tema tulisan yang terkait dengan kompetensi supervise akademik dan pengembangan silabus dan RPP.
     Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka penulis mengangkat tema tulisan dengan judul “Upaya Meningkatkan Kompetensi Supervisi Akademik dan Pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Workshop
B.     Tujuan
                Dalam program on the job learning ini penulis mengambil tema “Supervisi Akademik dan Pengembangan Silabus dan RPP” dengan tujuan :
1.      Memperoleh berbagai pengalaman cara-cara kepala sekolah menyelenggarakan pendidikan secara umum yang berhasil, benar, efektif dan efisien.
2.      Menumbuhkembangkan lima dimensi kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial.
3.      Meningkatkan  kompetensi  supervisi  akademik  calon  kepala  sekolah meliputi: konsep supervisi akademik, membuat rencana program supervisi  akademik,  menerapkan  teknik-teknik  supervisi  akademik, dan  melaksanakan tindak lanjut supervisi akademik.
4.      Memberikan  kesempatan  kepada  calon  kepala  sekolah  untuk pengalaman dan pembelajaran melalui praktik supervisi akademik  dengan  paradigma,  pendekatan  dan  teknik-teknik  yang telah diperoleh selama kegiatan diklat In Service Learning
5.      Membantu  guru mengembangkan  kemampuan  profesionalnya  dalam memahami  kegiatan  akademik,  kehidupan  kelas,  mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya.
6.      Mengadakan Workshop untuk membantu guru dalam meningkatkan kemampuan mengembangkan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
C.     Hasil yang Diharapkan
Hasil  yang penulis harapkan dari  mengikuti program on the jop learning dengan kegiatan supervisi akademik  dan pengembangan silabus dan RPP bagi calon kepala sekolah adalah :
1.      Mampu menggali informasi dan pengalaman dari kepala sekolah sendiri dan kepala sekolah lain dalam menyusun rencana supervisi, melaksanakan supervisi, dan dalam memberikan tindak lanjut dari kegiatan supervisi.
2.      Mampu merencanakan  program  supervisi  akademik  dalam  rangka peningkatan profesionalisme guru
3.      Mampu melaksanakan supervisi akademik  terhadap guru dengan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
4.      Mampu melakukan tindak lanjut hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
5.      Kemampuan guru-guru SMP Negeri 2 Yogyakarta dalam  mengembangkan silabus dan RPP meningkat.




   BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
               Kepala sekolah memiliki peran penting dalam upaya membentuk insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif melalui kesungguhan dan kreativitasnya dalam mengelola sekolah yang menjadi tanggung jawabnya. Sebagai konsekuensinya, kepala sekolah/madrasah harus merupakan orang-orang yang terpilih dari sisi kualifikasi maupun kompetensinya sebagaimana yang dimaksud oleh Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang  Standar Kepala Sekolah.
              Untuk mencetak kepala sekolah dengan segala potensi dan kompetensi yang harus dimiliki perlu dipersiapkan terlebih dahulu, sehingga adanya mekanisme penjaringan dan pembentukan guru yang akan ditugaskan sebagai kepala sekolah. Kepala sekolah diharuskan memiliki 5 kompetensi yaitu : kepribadian, kewirausahaan, manajerial, sosial dan supervisi. Kelima kompetensi tersebut tidak akan ada dengan sendirinya, namun perlu diupayakan melalui tahapan – tahapan seperti yang termaktub dalam permendiknas no.28 tahun 2012 antara lain seleksi administratif dan akademik serta pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah.
         Pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah/madrasah merupakan kegiatan pemberian pengalaman pembelajaran teoretik maupun praktik yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan pada dimensi-dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah/madrasah dilaksanakan dalam kegiatan tatap muka (In Service Learning) I, On The Job Learning, dan Inservice Learning II. Adapun alokasi waktu untuk In  Service I dilakukan selama 70 JP, On The Job Learning (OJL) selama 200 JP, dan dan Inservice Learning II selama 30 JP.
Praktik pengalaman lapangan atau dikenal dengan nama On The Job Learning (OJL) dilaksanakan dalam kurun waktu minimal selama 3 (tiga) bulan dengan materi yang sudah ditentukan. Pada program On The Job Learning ini calon kepala sekolah melakukan praktek lapangan di 2 (dua) tempat, yang pertama di sekolah sendiri dan yang kedua di sekolah lain yang dikenal dengan sekolah magang. Alokasi waktu di sekolah sendiri sebanyak 150 JP dan di sekolah magang sebanyak 50 JP. Di dalam OJL inilah calon kepala sekolah mencari pengalaman secara langsung dari warga sekolah atau dari kepala sekolah tentang berbagai materi yang berhubungan dengan kompetensi atau tugas-tugas sebagai kepala sekolah.
Adapun materi yang dapat diambil dalam praktik pengalaman lapangan (OJL) baik di sekolah sendiri maupun di sekolah magang antara lain : observasi terhadap pembelajaran, menyusun perangkat pembelajaran, penyusunan Rencana Kerja jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS), pengelolaan kurikulum, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan sarana dan prasarana sekolah, pengelolaan peserta didik, pengelolaan keuangan sekolah, pengelolaan tenaga administrasi sekolah, pengelolaan/penggunaan TIK dalam pembelajaran, dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi.
      Sehubungan hasil penilaian analisis kebutuhan pengembangan keprofesian (AKPK) penulis sebagai peserta diklat calon kepala sekolah menemukan kelemahan   pada kompetensi  supervise, sedangkan hasil evaluasi diri sekolah (EDS) pencapaian 8 (delapan) standar nasional pendidikan sekolah kami standar proses pencapaiannya paling rendah. maka penulis akan mengangkat tema tulisan yang terkait dengan kompetensi supervise akademik dan pengembangan silabus dan RPP.
     Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka penulis mengangkat tema tulisan dengan judul “Upaya Meningkatkan Kompetensi Supervisi Akademik dan Pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Workshop
B.     Tujuan
                Dalam program on the job learning ini penulis mengambil tema “Supervisi Akademik dan Pengembangan Silabus dan RPP” dengan tujuan :
1.      Memperoleh berbagai pengalaman cara-cara kepala sekolah menyelenggarakan pendidikan secara umum yang berhasil, benar, efektif dan efisien.
2.      Menumbuhkembangkan lima dimensi kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial.
3.      Meningkatkan  kompetensi  supervisi  akademik  calon  kepala  sekolah meliputi: konsep supervisi akademik, membuat rencana program supervisi  akademik,  menerapkan  teknik-teknik  supervisi  akademik, dan  melaksanakan tindak lanjut supervisi akademik.
4.      Memberikan  kesempatan  kepada  calon  kepala  sekolah  untuk pengalaman dan pembelajaran melalui praktik supervisi akademik  dengan  paradigma,  pendekatan  dan  teknik-teknik  yang telah diperoleh selama kegiatan diklat In Service Learning
5.      Membantu  guru mengembangkan  kemampuan  profesionalnya  dalam memahami  kegiatan  akademik,  kehidupan  kelas,  mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya.
6.      Mengadakan Workshop untuk membantu guru dalam meningkatkan kemampuan mengembangkan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
C.     Hasil yang Diharapkan
Hasil  yang penulis harapkan dari  mengikuti program on the jop learning dengan kegiatan supervisi akademik  dan pengembangan silabus dan RPP bagi calon kepala sekolah adalah :
1.      Mampu menggali informasi dan pengalaman dari kepala sekolah sendiri dan kepala sekolah lain dalam menyusun rencana supervisi, melaksanakan supervisi, dan dalam memberikan tindak lanjut dari kegiatan supervisi.
2.      Mampu merencanakan  program  supervisi  akademik  dalam  rangka peningkatan profesionalisme guru
3.      Mampu melaksanakan supervisi akademik  terhadap guru dengan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
4.      Mampu melakukan tindak lanjut hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
5.      Kemampuan guru-guru SMP Negeri 2 Yogyakarta dalam  mengembangkan silabus dan RPP meningkat.








 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar